Monday 13 October 2014



Oke, sekali-kali ngepost artikel tentang Tutorial. Tutorial ini Saya janjikan pada artikel Suka Duka Menjadi Seorang Fansubber. Dimana di artikel tersebut berisi tentang curahan dengkul Saya tentang enaknya jadi seorang Fansubber, pahitnya jadi seorang Fansubber, dan juga istilah-istilah yang ada didalam Fansub. Ya beginilah Saya, hampir setiap hari nganggur dan ngurus artikel, biasanya sih Saya disuruh Ibu Saya buat bantu-bantu, tapi kadang-kadang sih, jadi ya Saya punya banyak waktu luang buat bikin artikel sampahan di blog sampahan ini, seperti semboyan blog ini "Blog Personal Yang Ngga Karuan" bruakakaka.

Okeh langsung aja, sebenernya sih Saya mau ngasih tutorial berbentuk video, tapi melihat keadaan Indonesia yang lumayan Amburegeduel ini, dimana Internet mahal, kuota seupil, kecepatan kaya siput, jadi Saya membuat tutorial berbentuk tulisan + gambar. Oiya bagi provider-provider Indonesia jangan tersinggung yah dengan kata-kata Saya tadi, sebenernya... Aku juga make Provider Indonesia.

Langkah Pertama : Download MeGUI & Avisynth

Kalo mau encode make MeGUI ya harus punya MeGUI lah! Tapi tenang, MeGUI secara lisan dan tulisan serta bahasa serta pribasa itu GRATIS! Pas banget buat orang-rang bejad Indonesia yang suka gratisan termasuk Saya. Kamu bisa download MeGUI di sini : Sourceforge.net/projects/megui. Sudah download? Eitss... Sofware MeGUI saja tak cukup tong... Hmm.. menurut pengalamanku selama 500 Abad + 7 Hari, Kamu harus download codecnya doeloe, apa itu? Namanya Avisynth, entah versi berapa yang Kamu download, InsyaAllah dengan kehendak Allah swt, proses encodenya berhasil. Kamu bisa download codec Avisynth di sana : http://www.free-codecs.com/download/AviSynth.htm.

Langkah Kedua : Instal MeGUI & Avisynth

Disinilah saatnya Kamu mengaktifkan ilmu sakti mandraguna dari MeGUI dan Avisynth itu, pertama, instal doeloe Avisyntnya, Saya anggap disini Kamu sudah bisa meng-installnya, kalo belum? Ya cari di Google lah tong.. tong... Seletah Kamu instal Avisynthnya, sekarang Kamu instal MeGUInya, disini juga Saya anggap Kamu sudah bisa.

Langkah Ketiga : Buka MeGUI-nya

Setelah Kamu menginstal MeGUInya, sekarng Kamu tinggal jalankan MeGUInya, belum tau caranya? Google kayaknya belum tidur tuh. Oke, sekarang, atur MeGUInya sama seperti gambar dibawah ini.


Langkah Keempat : Buat Skrip AVS

Dilangkah keempat ini, Kamu harus membuat Script AVSnya, disini namanya AVS Script Creator. Untuk tahap ini Saya kira ngga usah dikasih gambar, soalnya gampang. Dihalaman utama MeGUI, silahkan Kamu klik Menu Tools > Klik AVS Script Creator.

Taham Kelima : Mengatur Skrip AVSnya

Hmm... Dilangkah ini lumayan sulit, karena banyak sekali pengaturan yang harus dirubah, tak apalah. Saya akan memberikan gambar-gambarnya, silahkan sesuaikan sendiri menurut Otak yang ada didengkulmu itu.


Setelah memasukkan video yang akan di Encode, setelah itu akan muncul Kotak Dialog yang berisi bacotan gak jelas, dan ada 3 pilihan, Kamu pilih saja "DirrectShowSource". Setelah itu akan ada Kotak besar yang didalemnya ada video, Kamu tinggal silang/close aja. Kita akan menuju ke Menu Filters. Oiya, jangan lupa yah pilih ITU 16:9 PAL (1.823361) pada bagian Input DAR. Oke, sekarang silahkan kalian menuju ke Menu Filters, dimenu ini sesuaikan saja sama gambar dibawah.


Baiklah, jika Kamu sudah mengatur semuanya, silahkan Kamu masukkan subtitle dibagian "Subtitles:", memasukkan subtitle berarti video output menjadi Hardsub, apa itu hardsub? Subtitle yang telah menyatu dengan video yang kagak bisa dicopot. Jadi kalau Kau hanya ingin encode saja namun tidak menjadi Hardsub, ya ngga usah dikasih subtitle. Jika sudah, silahkan Kamu Klik Save. Setelah itu akan nongol lagi kotak raksaksa, Kamu tinggal silang/close aja.

Langkah Keenam : Masukkan Audio

Pada langkah ini lumayan mudah kok, tergantung kemampuan Otakmu dan kemampuan fap-fapmu saja, disini Saya kasih gambarnya saja ya, Disini Saya mendoakanmu kok agar bisa faham 99%.


Langkah Ketujuh : Atur Format Output, File Size, dan Restart Otakmu

Pada langkah ini, Kamu abaikan saja kata-kata "dan Restart Otakmu". Karena sejujurnya, Saya juga bingung tulisan apa itu. Oke, disini tahap terakhir ini, Kamu akan mengatur File Size, dan Format Outputnya, apa itu File Size? Namanya aja File Size, yaitu hasil Encodenya Kamu itu mau diatur ukurannya berapa? 50 MB? 100 MB? terserah, tapi saran Saya, semaik besar File Sizenya, maka kualitas Encode/Video Outputnya akan semakin baik. Terus apa itu Format Output? Itu lho.. sebangsanya .mkv, .mp4, 3gp dan lain-lain. Atur saja sesuai digambar yang telah Saya berikan ini, atau jika Kamu ingin ber-eksperimen, Kamu bisa juga mengatur File Sizenya, atau kalo misal kebutuhanmu itu 3gp, ubah saja jadi 3gp. Klik Queue dan tunggu sampai encodenya selesai.


Langkah Kedelapan : Berdoalah Agar Proses Encodenya Lancar

Di tahap inilah yang menentukan berhasil atau tidaknya, Kamu diwajibkan berdoa kepada Allah swt biar proses Encodenya diberikan kelancaran dan kesuksesan. Tanpa berdoa mungkin hasilnya bakal ancur kaya muka Kamu atau tiba-tiba ditengah-tengah proses encode PC Kamu mati atau PLN lagi main tenis tiba-tiba listrik mati, benar bukan? Ya makanya, sebelum itu, Kamu harus berdoa kepada Allah swt.

Baiklah, mungkin itu saja untuk artikel sampahan kali ini, jika Anda tersinggun dengan kata-kata : Otak didengkul, Wajah buruk rupa, mohon setidaknya jangan tersinggung, karena sebenarnya Wajah Saya juga sama buruknya dengan Anda, dan juga otak Saya juga berada di posisi yang sama dengan Anda. Wassalamualaikum wr wb


Sponsored by:
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sponsored By:

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Copyright © 2015. Powered by Blogger.