Monday 5 January 2015

SIfat Zat dan Perubahannya - Bosen Saya dengan artikel tentang SEO lah, ini lah, itu lah, dan tanpa kusadari sudah lama Saya tidak memposting artikel di kategori pelajaran, bruakaka. Oke dah kali ini Saya akan membuat artikel yang bersangkutan dengan pelajaran IPA Biologi, yaudah dah simak aja!

Cangkupan Materi 1

1. Asam

Asam adalah zat yang mempunyai ciri-ciri rasanya masam, bersifat korosif, dalam larutan melepaskan ion H+. Biasanya dalam rumus molekulnya diawali dengan H. COntoh HCI, HBr, HNO, H2SO4 dan sebagainya. Meskipun H2O tak bersifat asam, dan CH3COOH merupakan asam yaitu asam cuka.

Sifat-sifat larutan asam:
  1. Rasanya masam.
  2. Menghantarkan arus listrik
  3. Jika dilarutkan akan melepas ion idrogen (H+)
  4. Mengubah lakmus biru menjadi merah.
  5. Bersifat korosif dengan logam.
  6. Memiliki derajat keasaman (pH) kurang dari 7.

2. Basa

Bsa adalah zat yang punya iri-ciri licin, pahit dan dalam larutan melepaskan gugus ion OG-. Biasanya dalam rumus molekulnya diakhiri dengan OH. Contohnya NaOH, KOH, Ba(OH)2. Meskipun CH3COOH bersifat asam yaitu asam cuka. Sabun adalah salah satu contoh basa.

Sifat-sifat larutan basa:
  1. Terasa licin jika terkena kulit.
  2. Menghantarkan arus listrik.
  3. Dalam larutan akan melepaskan ion hidroksida (OH-).
  4. Mengubah lakmus merah menjadi biru.
  5. Menetralkan larutan asam.
  6. Memiliki derajat keasaman lebih dari 7.

3. Garam

Garam adalah senyawa yang netral atau tingkat keasamannya = 7. Salah satu reaksi yang menghasilkan garam adalah asam + basa menjadi agaram dan air. Dalam reaksi ini garam terbentuk dari ion positif basa dan sisa asam. Contoh asam clorida (HCI) + Natrium Hidroksida (NaOH) menjadi Natrium Clorida (NaCI) dan Air (H2O).

Sifat-sifat garam antara lain:
  1. Menghantarkan arus listrik
  2. Tidak mengubah warna kertas lakmus (netral)
  3. Mempunyai derajat keasaman = 7

Cangkupan Materi 2

1. Setiap zat terdiri dari molekul-molekul. Setiap molekul merupakan gabungan beberapa atom yang terikat secara kimia dengan perbandingan tertentu. Molekul yang terdiri dari atom-atom sejenis yang disebut molekul unsur, sedangkan molekul yang terdiri dari beberapa jenis atom disebut molekul senyawa.

2. Di alam ini terdapat unsur-unsur (alam dan buatan) yang terdiri dari unsur atom dan molekul unsur. Contoh unsur atom antara lain Emas (Au), Karbon (C) dan Besi (Fe) sedangkan contoh mlekul unsur antara lain Oksigen (O2), Hidrogen (H2) dan Belerang (S8).

3. Contoh senyawa adalah air (H2)) terdiri dari 2 jenis atom yaitu hidrogen dan oksigen. Asam cuka (CH3 COOH) terdiri dari 3 jenis atom yaitu Karbon, Hidrogen dan Oksigen.

4.Campuran beberapa senyawa tidak terjadi reaksi kimia, sehingga dapat tercampur tanpa perbandingan tertentu. Misalnya senyawa air dicampur dengan senywa gula. Meskipun kedua senyawa ini tercampur, tapi sifat masing-masing senyawa tetap tak berubah.

5Dalam penulisan rumus molekul, koefisien menunjukkan jumlah molekul, indeks menunjukkan jumlah atom dalam setiap molekulnya. Contoh: 5G2O. Angka 5 menunjukkan jumlah molekulnya ada 5, angka 2 menunjukkan jumlah atom H dalam setiap molekulnya 2.

Sponsored by:
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sponsored By:

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Copyright © 2015. Powered by Blogger.