Sunday 7 December 2014

Materi Ujian Nasional : Bahasa Indonesia


Bagi Kalian yang masih pelajar SMP pasti sebentar lagi (Seikitar 1 semester lagi) Kalian akan dihadapkan oleh sebuah ujian yang teramat sangat berat, apa itu? Yup, Ujian Nasional. Dan kali ini Saya akan membahas tentang materi-materi Bahasa Indonesia yang akan di UN 'kan.


A. Mengidentifikasi Isi dan Bagian Suatu Teks

1. Gagasan Utama Paragraf

Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai ketertarikan dalam membentuk gagasan atau topk tersebut. (Arifin dan S. Amran Tasai, 2006 : 125)

Gagasan utama terdapat pada kalimat topik yang menyatakan gagasan terpenting dalam paragraf. (Alwasilah, 2007 : 125)

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa gagasan utama berada dalam kalimat utama. Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, akhir paragrag, atau awal dan akhir paragraf. Kalimat ini akan dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf.

Soal yang sering mungul pada Ujian Nasional adalah menentukan gagasan utama dan letak kalimat utama dalam paragraf.

Contoh :
Perhatikan paragraf berikut!
Di pedalaman hutan Boliyohato, Gorontalo hidup beberapakelompok masyarakat nomaden yang lebih dikenal dengan sebutan Suku Polahi. Kelompok masyarakat ini bahkan jauh lebih tertinggal dari pada suku-suku yang masih dianggap primitif lainnya di Indonesia. Rata-rata suku primitif yang lain setidaknya sudah mulai hidup menetap dan mulai terbukan dengan kehidupan luar. Suku Polahi ini masih memiliki pola hidup berpindah pindah (Nomaden) dari satu hutan ke hutan yang lain.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah...
A. Suku Polahi masih hidup nomaden.
B. Suku Polahi di pedalaman Gorontalo.
C. Masyarakat primitif sudah hidup menetap.
D. Kelompok masyarakat yang dianggap primitif.
Jawaban : A
Alasan : Gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama dan kalimat terakhir. Kalimat kedua menjelaskan kalimat pertama bahwa Suku Polahi lebih tertinggal dari pada suku-suku yang masih dianggap primitif lainnya. Kalimat ketiga menjelaskan kalimat kedua, yaitu suku primitif lain sudah hidup menetap. Kalimat terakhir mengulang isi kalimat pertama, yakni Suku Polahi masih nomaden atau hidup berpindah-pindah.


2. Kalimat Utama

Bacalah paragraf berikut!
(1)Suku Sekai adalah komunitas asli atau pedalaman yang hidu di daratan Riau. (2) Mereka sering dicirikan sebagai kelompok terasing yang hidup berpindah-pindah dihutan. (3) Orang-orang suku ini dulunya adalah penduduk Negeri Pagarutung yang melakukan migrasi kekawasan rimba belantara di sebelah timur negeri tersebut. (4) Waktu itu raja yang berkuasa di Pagaruyung mengutus kepercayaannya untuk menjajaki kemungkinan mencari wilayan baru sebagai pemukiman karena Negeri Pagarutung sangat padat penduduknya.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Jawaban : A
Kalimat kedua diawali dengan kata "Mereka" yang dimaksud adalah Suku Sakai. Kalimat ketiga diawali dengan kata kunci "ini" yang menjelaskan Suku Sakai dan kalimat terakhir waktu itu, kata ini menjelaskan SUku Sakai dulunya melakukan migrasi.


B. Membaca Berita

Pertanyaan tentang isi berita menjadi hal utama dalam soal ini. Untuk menentukan isi berita yang dibaca, perlu dipahami konsep berita. Berikut ini diuraikan konsep berita secara singkat.

Berita adalah suatu laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memiliki nilai penting, menarik bagi sebagaian khalayak, masih baru, dan dipublikasikan melalui media massa periodik (J.B Wahyudi). Dasar-dasar jurnalistik, radio, dan televisi.

Menurut Kamus Besar Indonesia, berita berarti laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berdasarkan teori-teori tersebut, berita merupakan laporan peristiwa, sedangkan isi berita adalah fakta-fakta (Bukan gosip lho, wkwkwk). Susunan suatu berita atau fakta-fakta dalam berita dapat diungkapkan melalui pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana. Ini biasa disebut dengan unsur atau pokok-pokok berita.

Note : Artikel ini akan dilanjutkan lagi keesokan harinya atau tergantung pada kesenjangan Saya, jadi kalo nggak sibuk ya tak lanjutin.

Sponsored by:
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sponsored By:

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Copyright © 2015. Powered by Blogger.