Saturday 11 October 2014



Baiklah, kali ini Saya akan mencoba membuat artikel harian, seperti biasa, artikel kali ini sama-sama sampah. Jadi disetiap artikel kagak ada yang guna, namun mungkin salah satu artikel ini cocok untukmu yang ingin menjadi Fansubber seperti Saya ini, walau Saya termasuk Fansubber yang masih Newbie, namun ya... Saya mau coba membagikan suka duka menjadi seorang Fansubber.


Kebahagian Menjadi Seorang Fansubber

Pada saat ini Manusia tulen jaman sekarang sudah tertarik akan dunia Fansub, sebelumnya, apa sih itu Fansubber? Fansubber menurut Saya adalah seorang yang suka atau hobinya Translate Anime, TLC Anime, Encode Anime, Upload Anime, dan ingat penjelasan Fansubber tadi itu versi Saya, jadi jangan bentrok atau mem-bully, karena Saya bukanlah Ahok yang didemo FBI, nah lo...

Waktu Luang Jadi Keiisi

Begitulah, bagi Kamu yang mempunyai waktu luang banyak, cocok tuh jadi Fansubber, jadi waktu Kita kagak ngebosenin, waktu luang tersebut diisi dengan hobi yang lumayan berkependidikan, maksudnya? Begini tong, sistem Fansub itu ada yang namanya Translate, nah tau 'kan artinya translate (Menerjemahkan). Jika Kamu menerjemahkan Anime yang rata-rata durasinya hampir 25 Menit tanpa menggunakan Google Translate, Bing Translator, dan web translator lain, InsyaAllah otakmu itu jadi tambah pinter Bahasa Inggris, dan InsyaAllah Guru B. Inggrismu jadi makin cinta dan sayang sama Kamu.

Jadi Makin Pinter Bahasa Inggris

Seperti yang disebutkan tadi bahwa sistem Fansub itu ada tahap Translate atau bahasa indonesianya itu proses menerjemahkan dari Inggris ke Indonesia. Nah, jika Kamu tidak menggunakan mesin translate (Google Translate, Bing Translator, dll) InsyaAllah keahlianmu dalam bidang Translate akan semakin bagus dan apa keuntungannya? Ya mungkin aja nanti kalo Kamu udah cukup umur bisa jadi Translator, lumayan tuh kata Guru Saya kalo ngga salah per bulannya bisa sampai 90 Juta!


Bisa Dapet Duit

Kalo punya fansub, otomatis punya website dong, entah memakai platform Blogger maupun CMS Wordpress. Nah, jika Fansubmu itu lumayan terkenal, otomatis Kamu pasti akan menambahkan slot iklan entah di sidebar maupun header. Lumayan 'kan bisa dapet penghasilan tambahan? muehehehe...

Punya Rasa Pantang Menyerah dan Sabar

Di proses translate, Kamu otomatis dihadapkan dengan puluhan bahkan ratusan line teks yang masih inggris, mungkin saat pertama kali Translate Kamu cenderung akan gampang menyerah, nah, jika dipaksa, maka akan terbiasa, dan apa keuntungannya? Kamu akan mempunyai sifat pantang menyerah layaknya Prabowo. Lalu apa hubungannya dengan Sabar? Nah, di sistem Fansub ada yang namanya Proses Encode & Upload, nah apa itu Encode? Encode adalah proses mengecilkan ukuran video tanpa harus merubah kualitas dari video tersebut, dan apa itu Upload? Upload adalah... ya... apa ya? Kalo menurut Saya sih Upload itu.. mm... Bah, googling aja dah sono! Oke, balik lagi soal Kesabaran, nah didalam proses encode itu Kamu diwajibkan menunggu beberapa menit, kadang sih beberapa jam, jadi otomatis menguji kesabaran 'kan? bruakakaka... Dan kalo Upload? Ente udah googling belom? Kalo udah pasti taulah hubungannya sama kesabaran.

Dapet Teman Baru Yang Tampfan dan Chantik

Jika Fansubmu itu kategori "Kelompok", maksudnya di Fansubmu itu ada anggota/staff, pasti disini Kamu punya teman baru, entah itu Tampfan ataupun Chantik. Belum lagi jika Kamu join project dengan Fansub lain, nah apa itu Join Project? Sama seperti namanya, Join Project berarti Fansubmu bekerja sama dengan Fansub lain, kerja sama apa? Entahlah, tapi yang paling sering itu adalah Join Project Anime.

Duka Menjadi Seorang Fansubber

Tadi Kita sudah bahas mengenai Kebahagianku menjadi seorang Fansubber, jika ada kebahagian, pasti akan ada Duka bukan? Ya begitulah, menjadi seorang Fansubber juga ada Dukanya, seperti apa Duka Dari Menjadi Seorang Fansubber? Nyook langsung aja dah!

Ditagih Sama Para Downloader

Ya, kalau yang ini sih Saya belum merasakan, 'kan Saya masih newbie, dan juga Fansubku itu masih baru, bruakakaka. Oke balik lagi ke topik utama... Jika Fansubmu itu termasuk kategori Fansub yang Kaya pastinya punya banyak Fans bukan? Ya begitulah kira-kira, sekarang bayangkan jika Fansubmu banyak fans, terus ada salah satu project anime yang delay (Telat), nah otomatis si para Downloader atau Fans akan koar-koar ngga jelas minta disuapin rilisanmu itu 'kan?

Jarang Molor

Ya beginilah jadi seorang Fansubber, terkadang sangking banyaknya project, Kita tak sadar bahwa Kita kurang molor bukan? Ya itu sih derita lo, Saya mah bikin Fansub cuman buat iseng-iseng aja, jadi kalo ada salah satu poject yang delay, ya tenang-tenang aja.

Pengeluaran Vulus Lebih Banyak (Mungkin)

Jika website fansubmu itu memakai wordpress, maka otomatis pengeluaranmu lebih banyak bukan? Buat biaya domain, hosting, dan lain-lain, belum lagi buat beli kuota internetan, bruakakaka... Tapi kalau Website fansubmu itu sudah berpenghasilan (Sudah ada iklan dimana-mana) maka ya, biaya Hosting + Domain + Kuotang bakal enteng lah.

Kuper (Kurang Pergaulan) - (Mungkin)

Sama seperti tadi, jika fansubmu itu banyak prject, pastinya Kamu akan sibuk dengan project dan melupakan hubungan intim... eh sori maksudnya hubungan sosial atara makhluk-makhluk luar bukan? Burakakakaka...



Yup, berhubung Saya sudah menghabiskan lebih dari 3 jam menyelesaikan artikel sampah ini, Saya udahan dulu deh, oiya btw, nanti Saya akan coba berbagi Tutorial Encode, Translate, Upload. Cuman saran nih buat Kamu yang mau memulai dunia Fansubbing, sebaiknya jangan ambil project yang banyak-banyak, ya maksimal ambil 4 project aja.

Okelah mungkin itu saja yang bisa Saya share kali ini, doakan saja semoga Saya diberi kesehatan agar bisa terus update artikel, oke wes tanpa mbacot lagi, Wassalamualaikum wr. wb.


Sponsored by:
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sponsored By:

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Copyright © 2015. Powered by Blogger.