Friday 26 December 2014

Cara Membuat Forum Gratis

Cara Membuat Forum Gratis


Cara Membuat Forum Gratis - Oke, kali ini Saya akan membagikan Tutorial Membuat Forum Gratis, disini Kita bisa memilih 3 pilihan software forum, yaitu PHPBB3, Invision, dan PUNBB. Tapi menurut Saya ke tiga software tersebut kurang makjos, karena sekarang ini software forum yang lagi Saya suka adalah Xenforo dan Vbulletin. Kenapa Xenforo? Karena software forum tersebut sangatlah bagus karena mempunyai fitur-fitur yang bejibun dan keren, walau masih tergolong forum keluaran baru, namun menurut Saya Xenforo sangatlah bagus, tapi kalo lebih bagus lagi jika GRATIS, muehehe.

Membuat forum di Tutorial ini memanglah sangat mudah dibandingkan dengan membuat forum dengan bantuan hosting, bedanya kalau hosting Kita perlu menyiapkan dana untuk membeli hostingnya belum lagi untuk membeli lisensi software forum yang diinginkan, belum lagi usaha untuk mempromosikan forum tersebut di media sosial atau di forum besar lain, tapi kalau gak mau usaha, pasti ke jalan pintas yaitu jasa SEO yang harganya tembus 1 juta lebih, pfft...

Baiklah, sebelum membahas tutorialnya, mari Kita bahas dulu website yang akan Kita gunakan untuk membuat forum gratis ini, ada kelemahan disini, yaitu saat Kita nantinya membuat forum, Kita nanti tak bisa memilih domain yang Kita inginkan, misalnya .com, .net atau domain TLD lainnya, begitu juga domain Indonesia. Kita akan disediakan sub-domain diwebsite tersebut.

Kenapa? Gak terima kalau make sub-domain yang udah disediakan? Pfft... wong gawe forum gratis njaluke domain TLD/ID. Nah untuk kelebihannya sih menurut Saya gratis, muehehe. Baiklah, langsung saja Kita akan membahas Tutorial Cara membuat Forum Gratis. Kali ini Saya takkan memberi Screnshootnya, kenapa? Karena males, muahahaha.

1. Klik http://www.indonesianforum.net/

2. Setelah itu scroll kebawah sampai menemukan bagian yang bertuliskan "FORUM BEBAS DI INDONESIANFORUM.NET"

3. Dibawah tulisan tersebut ada 3 pilihan aplikasi software forum, diantaranya PHPBB3, Invision, dan PUNBB.

4. Pilih software forum yang Kamu inginkan, misalkan Kamu memilih Invision.

5. Kamu pilih saja tombol Invisionnya.

6. Pilih tombol Continue.

7. Setelah itu masukkan data-data forum yang dibutuhkan.

8. Setelah memasukkan data-datanya, klik Validate

9. Selanjutnya Kamu diminta untuk memasukkan kembali Password yang sudah tadi Kamu masukkan, setelah itu klik Discovery My Forum

10. Dan selesai, Kamu akan dihadapkan dengan halaman yang berisi 1 tombol berwarna Hijau setelah itu klik tombol tersebut.

Yup, selesai sudah Kamu membuat forum gratisannya, disitu nanti Kamu akan disuruh untuk mengatur berbagai macam apa yang dibutuhkan oleh forum-forum biasanya. Dan semoga Tutorial Cara Membuat Forum Gratis ini dapat membantumu untuk membuat forum yang didalamnya banyak manusia-manusia yang bersosialisasi dengan santai dan damai. Wassalamualaikum wr.wb.

No comments:

Post a Comment