Saturday 13 December 2014

Cara Membuat Blog


Cara Membuat Blog - Kali ini Saya Dede Efendi seorang Blogger yang gak terlalu tampfan-tampfan amat mau share nih caranya bikin blog sendiri. Cara ini 100% gratis dan juga sangat mudah. Ada banyak perusahaan-perusahaan yang menyediakan platform untuk membuat blog secara gratis maupun berbayar, tapi kali ini Saya mau share yang gratis dulu.

Blog ini sendiri mempunyai banyak sekali manfaat, yang pertama untuk memasarkan produk-produkmu (Baca juga : Cara Membuat Toko Online) dan bukan hanya itu juga, Kamu juga bisa membuat blog dengan tujuan share pengetahuan atau keahlianmu, ya.. itung-itung nyari pahala, haha...

Nah, untuk membuat blog juga tak perlu utak-atik otak, maksudnya Kamu tak perlu ribet untuk membuat blog, membuat blog itu sangat mudah sekali seperti Kita mengupil pakai jempol kaki. Tapi ada pepatah bilang "Habis Gelap, Terbitlah Terang" Nah, sekarang Kita balik pepatah itu menjadi "Habis Terang, Terbitlah Gelap", tau maksudnya? Aku juga nggak tau, wkwkwk. Maksudnya, membuat blog memanglah gampang, tapi setelah itu lumayan sulit, seperti optimasi SEO (Baca juga : Kategori SEO), promosi, dan lain sebagainya.

Tapi itu semua pasti akan mudah jika Kita bisa mempelajarinya secara rutin dan fokus, Saya sendiri juga dulunya plonga-plongo doang kalo ditanya soal SEO, tapi setelah Saya ke Klinik Tong-Fang, eh maksudnya mempelajari SEO, Alhamdulilah sesuatu banget, cetar membahana badai menggelegar terpampang nyata ~Ulala sekarang ini Saya sudah agak bisa soal SEO.

Okelah gak usah basa-basi lagi, sekarang Kita akan membahas satu per satu berbagai macam platform gratis untuk membuat blog yang gratis pula.

1. Blogger.Com

Nah, platform inilah yang sekarang Saya pakai ini, kebanyakan blogger memakai platform ini untuk membuat blog gratisan namun kualitasnya bagus. Berikut Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogger.
  1. Klik Blogger.com (sebelum itu, Anda harus mempunyai akun Gmail dulu)
  2. Setelah itu klik "Blog Baru"
  3. Disitu akan ditampilkan berbagai opsi, mulai dari Judul Blog, URL Blog, dan Template.
  4. Ketik opsi-opsi tersebut sesuai keinginanmu.
  5. Setelah itu klik "Buat Blog!"
Nah, setelah itu Kamu sudah mempunyai blog sendiri, untuk membuat artikel atau lain-lainnya nanti akan Saya bahas kapan-kapan.

2. Wordpress.Com

Jreng-jreng, kalau yang ini adalah platform paling jos, gimana mau gak jos coba, wong platform ini adalah platform paling terkenal di dunia. Tapi untuk wordpress.com adalah platform gratisan dan juga fitur-fiturnya gak terlalu mantep. Tapi untuk wordpress.org itu fitur-fiturnya bener-bener mantep namun Kamu harus membeli Hosting dan Domain.
  1. Klik Wordpress.com 
  2. DIsitu Kamu disuruh mengetik URL Blog yang mau Kamu bikin, setelah itu klik "Buat Situs Web"
  3. Setelah itu Kamu diwajibkan untuk mengisi data-data untuk pendaftaran akun wordpress.
  4. Lalu Kamu pilih paket WordPress.com Pemula.
Sip, seakrang Kamu sudah memiliki blog gratisan menggunakan platform Wordpress.Com. Dan untukmu yang ingin menikmati fitur-fitur wordpress yang sampe tumpeh-tumpeh silahkan menuju ke wordpress.org.

3. Wix.Com

Hmmm.... Kalo yang ini sih Saya tak terlalu tau, soalnya gak pernah bikin blog di Wix.com. Saya tau wix.com dari teman-teman Saya. Di Wix.Com Kamu bisa memilih template yang sudah disediakan oleh pihak Wix.com, seperti Wordpress.com. Dan pernah Saya membuat toko online di wix.com dan hasilnya benar-benar cetar membahana badai menggelegar terpampang nyata! Theme toko online yang disediakan oleh Mereka sangatlah keren dan memiliki fitur yang lumayan lengkap walau tak selengkap wordpress e-commerce.
  1. Klik Wix.Com
  2. Lalu pada homepage wix, ada dialog seperti ini :Crate Your Stunning Website. It's Free. Lalu perhatikan dibawah teks tersebut, ada tombol "Start Now".
  3. Klik tombol Start Now tersebut.
  4. Centang " I'm a new user "
  5. Lalu masukkan email dan password yang Kau inginkan untuk mendaftar.
  6. Atau biar lebih mudah, sign in aja memakai akun facebookmu atau Google+mu.
  7. Lalu klik "Start Creating Now"
  8. Pilih template yang Kamu suka, setelah itu Klik "Edit"
  9. Setelah itu Kamu akan dialihkan ke halaman "Wix HTML Editor". Disini Kamu akan dipandu oleh Wix untuk mengedit template tersebut (Disini Saya anggap Kamu sudah bisa)
  10. Setelah sudah mengedit, klik Publish yang berada di pojok kiri atas (Sebelah kirinya tulisan Upgrade)
  11. Tulis Nama Situs Kamu sesuai selera Kamu.
Selesai deh, hufft... lumayan panjang juga ya, wkwkwk.

4. MyWapBlog.Com

*Bak Dum Bress... Bagi Kamu yang suka bermain Handphone dan ingin memiliki blog gratisan, pas banget nih ada Mywapblog. Mywapblog adalah platform yang diperuntukan bagi Kamu pengguna Handphone/Ponsel. Theme yang disediakan disini menggunakan CSS. Dan berikut Cara Membuat Blog Menggunakan Platform MyWapBlog.
  1. Klik MyWapBlog.Com atau jika ingin langsung mendaftar klik www.mywapblog.com/id/register.php
  2. Dihalaman daftar, isikan data-data yang diminta, lalu perhatikan di bagian "Ubah Domain" Disitu silahkan Kamu pilih domain yang menurutmu cucok untuk Blogmu.
  3. Setalah semua data-data diisi, klik "Daftar"
Dan... selamat blogmu sudah terdaftar di MyWapBlog.

5. Tumblr.Com

Platform fenomenal yang nyatanya tak terlalu fenomenal ini mempunyai tampilan homepage yang agak mirip dengan Wix.Com. Namun kalau diliat sekilas tampilan tumblr ini lebih simpel dan to the point.
  1. Klik Tumblr.com
  2. Dibagian homepage, Kamu langsung disuguhkan dengan form pendaftaran, jadi bisa langsung daftar aja.
  3. Isi alamat emalmu, password yang diinginkan, dan username yang diinginkan, lalu klik Sign Up.
  4. Setelah itu masukkan umur Kamu.
  5. Lalu tulis chaptha yang tersedia, lalu klik Almost Done.
Sip... lalu sudah deh Kamu udah punya blog platform Tumblr.


Okedah, mungkin cuman 5 platform saja dulu, nanti besok-besok akan Saya update lagi. Semoga artikel ini bermanfaat buat Kamu ya.

Sponsored by:
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sponsored By:

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Copyright © 2015. Powered by Blogger.